Universal Media Disc

Artikel yang saya buat kali ini untuk menunjang tugas yang diberikan pada mata kuliah Pengantar Teknologi game. Disini saya akan menjelaskan tentang teknologi game tetapi  bukan teknolologinya yang akan saya bahas karena bila kita bicara teknologi game itu sangat luas, jadi disini saya akan khususkan untuk membahas media konsolnya saja. Dimana kita ketahui banyak jenis-jenis media konsol seperti Cartridges, CD-ROM,DVD-ROM, Blu-Ray, dan HD-DVD, tetapi yang akan saya bahas adalah Universal Media Disc. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apakah Universal Media Disc, untuk lebih jelasnya bacalah artikel saya ini yang sebagian saya ambil dari berbagai sumber.

Gambar diatas adalah tempat meletakkan UMD pada PSP

Gambar diatas adalah salah satu contoh dari UMD

Universal Media Disc atau biasa di sebut dengan UMD adalah sebuah media cakram optic yang di kembangkan oleh perusahaan Sony untuk digunakan pada Playstation Portable. Berbeda dengan Cartridges yang kapasitasnya sangat terbatas dan bentuknya yang relative besar karena terbuat dari papan sirkuit (mengandung beberapa komponen) yang di lapisi dengan casing yang terbuat dari plastic, UMD walaupun ukurannya lebih kecil dibandingkan Cartridges tetapi kapasitas memori sampai sebesar 1.8  GB (gigabyte). Dengan kapasitas sebesar itu maka UMD dapat menampung permainan video, film, music atau kombinasi dari ketiganya. Memang sih kalau dibandingkan dengan Blu-Ray dan HD-DVD, UMD masih kalah mengenai kapasitas memori yang diberikan dikarenakan UMD diperioritaskan untuk PSP, tetapi untuk bermain game sudah sangat mumpuni karena sudah banyak game saat ini yang menggunakan UMD.

Dibawah ini merupakan salah satu contoh dari spesifikasi dari UMD :

ECMA-365: Data Interchange pada 60 mm Read-Only ODC – Kapasitas: 1.8 GB (UMD™)

Dimensi: approx. 65 mm (W) × 64 mm (D) × 4.2 mm (H)

Kapasitas maksimal: 1.80 GB (dual layer), 900 MB (single-layer)

Laser wavelength: 660 nm (red laser)

Enkripsi: AES 128-bit

Selain UMD Sony juga mengembangkan media konsol yang lain salah satunya yaitu MiniDisc. Pada UMD walaupun banyak kelebihan yang dimilikinya tetapi ada juga fitur yang dihilangkan yang sebelumnya terdapat pada MiniDisc yaitu geser perisai yang mencegah kontak langsung pada disc namun tidak usah khawatir karena UMD menggantinya dengan pilihan sesuai dengan spesifikasi ECMA.

Menurut spesifikasi resmi ECMA. Sony merancang UMD untuk mendukung 2 kemungkinan tambahan beserta produk masa depan, yaitu :

1. Perlindungan Shutter , yaitu serupa dengan MiniDisc dan 3 ½ “floppy disc.
2. Auto-Loading, yaitu UMD yang dirancang untuk memungkinkan perangkat loading slot masa depan dengan Auto-Loading mekanisme. Ini sangat mirip dengan mekanisme loading otomatis yang digunakan dalam slot loading MiniDisc. Juga akan mirip dengan VHS U-Matic mekanisme auto-loading. Tidak seperti saat ini memuat desain clamshell menggunakan PSP, sebuah perangkat loading slot menggunakan mekanisme Loading otomatis akan sepenuhnya otomatis. Anda akan memasukkan disc ke dalam perangkat slot, mirip dengan cara Anda menyisipkan ke dalam kaset VHS VCR, dan sebuah disk ke dalam PS3, dan ketika Anda mulai memasukkan, mekanisme bermotor akan mengambil alih dan benar-benar menarik disk di dalam drive, dan menyelesaikan proses loading. Seperti halnya pada VCR, cakram juga akan dikeluarkan sepenuhnya secara otomatis oleh mekanisme bermotor.

Banyak sekali game yang menggunakan UMD sebagai media penyimpanannya dikarenakan kapasitas UMD yang cukup besar. Game-game yang cukup terkenal yang menggunakan UMD adalah naruto, beach, dan dragonball

Selain dari game diatas sebenarnya masih banyak lagi game-game yang menggunakan UMD sebagai media penyimpanannya.

Dari sumber yang dapat dipercaya kita dapat mengubah UMD menjadi iso dengan menggunakan PSP, langkah-langkahnya yaitu :

1. Masukkan GameZDecryptZ kedalam folder game di psp, Struktur pengcopyannya adalah, ms0:/PSP/GAME/….GameZDecryptZ. atau gampangnya lakukan seperti menginstall game homebrew pada psp.

2. Tahapan selanjutnya Masuklah ke menu recovery, pada psp dengan pemakaian CFW 5.03/CFW 5.50 GEN-B, caranya Matikan total PSP secara Shutdown bukan sleep. Setelah psp hidupkan tekanlah tombol R1 jangan dilepas sampai keluar Menu recovery.

3. Masuk menu “CONFIGURATION” di menu recovery, Masuk lagi ke “XMB Usb Device” ganti menjadi “UMD Disc” Jadi yang perlu diperhatikan game yang anda decrypte harus dari sebuah UMD Drive, Bukan dari sebuah folder ISO ataupun CSO.

4. Langkah selanjutnya “restart” psp, setelah restart pada “XMB”psp masuklah ke “USB Connection” Copykan UMD9660.ISO ke lokal drive pc.

5. Bukalah file “UMDGen” lalu buka UMD9660.ISO file.

6. Lihat “PSP_GAME/SYSDIR; tandai dengan kursor (HIGLIGTH), dan pada EBOOT.BIN Lakukan “Klik Kanan” Extract selected ….

7. Simpan hasilnya terserah di drive yang di kehendaki, kemudian pada psp masuklah kemenu “Recovery” lihat pada step ke dua. Atur “USBmode” pada “Memory stick”.

8. Kemudian “Restart” lagi PSPnya, pada  XMB psp masuklah pada Sub men “USB Connection” dan aktifkan. Copykan sekarang hasil encrypted tadi yang menggunakan “UMDGen” adalah file “EBOOT.BIN” Pada ROOT memory stick.

9. Setelah hal itu dilakukan masuklah ke menu game di psp dan pilihlah “GameZDecryptZ”

10. Dan sambungkan lagi “USBConnection” pada psp seperti biasa dari menu XMB PSP.

11. Jika anda telah menutup “UMDGen”, Ulangi, Dan bukalah “UMD9660.ISO, Cari file “PSP_GAME/SYSDIR”.

12. Dari hasil yang dibuat decrypter tadi pada directory file “Memory Stick”, Lakukan saja pengcopyan atau drag drop, pada EBOOT.BIN yang asli. Pada panel sebelah kanan dari “UMDGen”dan “overwrite/timpah dan ganti” file yang asli sama hasil file yang kita buat.

13. Kemudian simpan dalam file berformat “ISO” terserah mau disimpan dimana, Setelah itu copykan kedalam folder “ISO” di PSP.

14. Selesai sudah langkah yang diperlukan mengubah UMD menjadi iso.

Iklan

12 Tanggapan

  1. Pertamax ^^v, panjang bgt gan mantap 😀

    btw UMD itu buat maen dimana ya? PSP doank ya gan?

    • yang w tau sih baru cuma di PSP doank,,,
      coz klo Xbox pke DVD, PS3 pke BluRay, Nintendo pke Cartridge tpi ada juga sih yg pke Wii optical Disc yg baru2 ini

  2. Ea, ini juga dah kelar…
    Pertamax gan…

    Nice Inpoh…

  3. Hiks, kalah semenit…
    Prasaan tadi gak ada c qodel…
    T-T…

  4. baru tau gw yg namanya UMD,,manteb gan

    btw punya lw yg kaya gitu,,minjem donk 😀

  5. Weitz.. ok juga bro.. UMD coy.. lom ada bajakannya.. satu keping kaset gamenya aja kisaran 300-400 ribuan bro..
    Sony mank slalu punya trobosan baru dlm teknologi game.

  6. wkkwkw… minta dong PSP nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: