Processor Intel Core 2 Duo

Jika kita berbicara masalah teknologi komputer tentu tidak akan ada habis-habisnya karena selalu ada perubahan di setiap waktunya. Di sini yang akan saya bahas pada penulisan artikel kali ini adalah mengenai hardwarenya saja. Di sisi hardware saya akan membahas masalah processor karena menurut saya prosessor merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi komputer. Jika bisa kita ibaratkan sebagai manusia processor merupakan otak yang dapat mengendalikan semua kegiatan yang akan manusia lakukan. Sama saja dengan komputer dengan adanya processor maka semua pekerjaan yang akan di kerjakan oleh komputer dapat di lakukannnya.

Disini saya akan membicarakan tentang processor intel yang sekarang sudah banyak dipakai yaitu Core 2 Duo, sebelum kita mengenal adanya processor Core 2 Duo kita perlu tahu processor pertama yaitu pada generasi 1. Processor pertama yang di pakai pada generasi 1 yaitu Processor 8088 dan 8086, processor ini merupakan processor pertama dari intel yang menggunakan bus sistem 16 bit.

Processor Core 2 Duo merupakan processor pada generasi ke 8 yang di luncurkan pada bulan Juli tahun 2007. Banyak sekali perubahan yang dapat kita lihat jika di bandingkan dengan processor generasi pertama. Processor Core 2 Duo memakai microprocessor dengan arsitektur yang di gunakan yaitu x86. Intel memberikan nama arsitektur tersebut dengan nama Microarchitecture. Arsitektur ini merupakan pengganti dari arsitektur yang sebelumnya telah di pakai yaitu NetBurst sejak tahun 2000.

Sebelum kita mengenal adanya processor Core 2, kita telah mengenal lebih dahulu processor dengan brand intel Pentium. Processor dengan brand intel ini telah diganti dengan processor Core 2 pada tahun 1993. Bila di bandingkan dengan NetBurst yang diaplikasikan dalam Pentium 4 dan Pentium D desain yang di gunakan oleh processor Core 2 sangat terlihat perbedaannya. Dimana intel lebih mengedepankan clock speed yang sangat tinggi pada NetBurst yang diaplikasikan dalam Pentium 4 sedangkan pada Core 2 Intel lebih mengedepankan peningkatan dari fitur-fitur dari CPU, seperti cache size dan jumlah dari core yang ada dalam processor Core 2. Dengan adanya perubahan desain tersebut pihak intel mengklaim konsumsi daya dari arsitektur yang baru tersebut hanya memerlukan sangat sedikit daya jika dibandingkan dengan jajaran processor Pentium sebelumnya.

Processor Intel Core 2 mempunyai fitur antara lain :

  1. EM64T
  2. Virtualization Technology
  3. Execute Disable Bit, dan
  4. SSE4.

Sedangkan teknologi baru yang telah dipakai saat ini anatara lain :

  1. LaGrande Technology
  2. Enhanced SpeedStep Technology, dan
  3. Intel Active Management Technology (iAMT2).

Artikel ini di kutip dari sumber

http://yuzuhara.wordpress.com/2007/11/23/perkembangan-processor-dari-generasi-ke-generasi/

Dengan beberapa perubahan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: