Koneksi Internet di Rumah dengan Menggunakan Teknologi HSDPA dan EVDO Rev A

Sebelum kita membicarakan masalah teknologi HSDPA dan EVDO Rev A, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari wireless. Karena teknologi tersebut menggunakan udara agar dapat melakukan koneksi, berbeda halnya dengan Dial-up yang menggunakan kabel telepon untuk melakukan koneksi. Wireless yaitu koneksi yang dapat terjalin antara satu perangkat dengan perangkat lain tanpa menggunakan kabel dengan media modem sebagai media penerimanya. Modem ini bertugas untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Berikut ini akan saya terangkan beberapa karakteristik yang unik dari kedua jenis layanan yang berbeda ini.

1) Modem HSDPA dengan 3,5G

2) Modem CDMA-EVDO

I. Modem HSDPA dengan 3,5G

Sebagaimana diketahui, layanan 3G keatas atau biasa dikenal dengan nama HSDPA dan HSUPA. Layanan ini baru diadopsi oleh 3 operator, yaitu XL,Indosat dan Telkomsel (dengan produk TelkomFlash).

Secara umum Kecepatan maksimum yang mampu dicapai oleh HSDPA adalah 3,6 Mbps untuk  Download dan 384 Kbps untuk Upload.

Dari sisi kualitas, sementara ini saya berpendapat bahwa untuk teknologi 3,5G koneksinya cukup stabil. Jarang terjadi putus ditengah2 koneksi.  Namun untuk Top Rate (kecepatan puncak) antara 53 Kbps – 200 Kbps. Hal ini dapat dibuktikan ketika kita menyalakan aplikasi Yahoo Messenger dan Skype disaat yang bersamaan, kondisi selalu steady (selalu on). Walaupun koneksinya stabil, bagi yang kalangan yang suka mendownload di khawatirkan akan kecewa dengan kecepatan yang ada. Tetapi untuk pemakaian normal misalnya cek email, chat dan baca beritan, kecepatan ini sudah lebih dari cukup.

II. Modem CDMA-EVDO

Modem yang merupakan layanan dari CDMA ini dengan generasi terbaru EVDO Rev A yang secara teori mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 3,1 Mbps.

Namun dalam prakteknya untuk saya yang tinggal didaerah pinggiran, sinyal CDMA-EVDO tidak stabil. Meskipun sinyalnya tidak stabil tetapi walau dengan sinyal hanya 2 bar didalam kamar, namun Top Rate yang mampu dicapai adalah hingga 200-700Kbps. Cukup lumayan cepat. Dan kebetulan sekali Alhamdulillah, daerah saya masih tercover dengan EVDOnya karena rumah saya dekat dengan sumber pemancarnya. Bila hanya National Coverage,maka Top Rate yang mampu dicapai adalah 153Kbps (sesuai dengan 1x-RTT). Biasanya koneksi tidak stabil setelah turun hujan bahkan sinyal hilang yang berakibat koneksi terputus.Namun berdasarkan pengalaman saya, walau sinyal hilang dan kemudian muncul kembali, proses redial dari modem tidak memakan waktu lama (beda dengan dial-up dari line telpon).

Bagi anda yang gemar mendownload saya belum berani merekomendasikan ini untuk anda, karena sekalilagi ini adalah layanan wireless. Untuk mendownload sebaiknya menggunakan layanan berbasis kabel seperti Speedy, Fastnet (ex-Kabelvision),dsb.

Sumber :

Indosat 3,5G – http://3g.indosat.com/

MOBI-Mobile 8 http://www.mobile-8.com/mobi/

Iklan

2 Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: