SNB (Social Network Business)

Dewasa ini Pemasaran bisnis melalui sosial media telah berkembang menjadi lebih canggih. Diantaranya pebisnis kecil yang memasarkan produk mereka menggunakan jasa internet karena dianggap melalui jasa ini iklan yang mereka pasarkan akan cepat tersebar. Namun terdapat kendala yang signifikan yaitu mereka tidak mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilalui.

Yang perlu Anda ketahui tentang strategi bisnis ini:

Sebelum bergerak maju dengan strategi yang maju, penting bagi Anda memahami bisnis pemasaran sosial, memiliki pengalaman menarik konsumen, dan bahwa Anda memiliki pemahaman dasar pemasaran online.

Berikut ini terdapat 5 tips strategi lanjutan bagi usaha kecil yang sudah memiliki komunitas di sosial media web tetapi belum mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan.

Langkah pertama : Penggunaan Multimedia

Disini penggunaan multimedia yaitu untuk membuat gambar atau video barang yang akan kita pasarkan semenarik mungkin agar dapat menarik hati konsumen untuk membeli barang tersebut karena dari sebuah gambar menjelaskan pengertian ribuan kata. Karena biasanya konsumen akan malas untuk membaca iklan yang isinya hanya kata-kata saja dan cenderung monoton. Konsumen lebih tertarik untuk mencari informasi mengenai gambar atau video dari produk yang Anda jual, kemudian mereka akan mempertimbangkan untuk membeli. Perusahaan manapun akan sangat mudah untuk menciptakan dan mempublikasikan produk dalam bentuk video dan gambar.

Salah satu contoh video yang dapat ditampilkan yaitu, mengambil gambar pada acara kantor untuk memperlihatkan budaya perusahaan. Ini dilakukan agar konsumen mengetahui bahwa perusahaan Anda rendah diri dan menghargai konsumen.  Hal ini yang membantu meyakinkan konsumen Anda agar membeli produk Anda.

Untuk membuat video bisa juga menggunakan camcoder, dengan ini Anda tidak perlu merogoh uang terlalu banyak. Karena fungsi dari pembuatan video adalah agar konsumen deskripsi dari produk yang kita pasarkan dan bagaimana fungsi dan cara kerja dari produk tersebut. Kemaslah video tersebut semenarik mungkin agar minat dari konsumen akan lebih tinggi untuk membeli produk Anda.

Langkah kedua : Sinergi Pemasaran Offline dan Online

Untuk pemasaran online Anda dapat memanfaatkan jasa Facebook, atau blog URL lain sebagai tempat berkumpulnya komunitas Anda. Memperkenalkan portfolio bisnis Anda kepada pembeli potensial memungkinkan mereka dapat bergabung dalam komunitas Anda, entah sekarang atau di kemudian hari. Karena dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook akan lebih banyak yang melihat iklan Anda. Karena umumnya masyarakat sangat senang membuka situs tersebut. Disamping pemasaran produk memalu online banyak juga pebisnis kecil melakukan beberapa jenis pemasaran secara offline, apakah itu radio, ataupun melalui media cetak. Pemasaran melalui cara offline memungkinkan Anda untuk meraih pasar dalam komunitas ini, selain itu biaya yang dikeluarkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan pemasaran secara online. Sinergi antara pemasaran offline dan online dapat membantu membangun komunitas Anda.

Langkah ketiga : Ketahui Perbedaan Platform Pada Sosial Media

Sekarang ini perkembangan sosial media sudah semakin canggih kerena terdapat platform yang berbeda bagi masing-masing sosial media. Namun, pada umumnya sosial media, tetap menyampaikan pesan Anda, tetapi sayangnya sosial media ini tidak dapat terikat untuk masing-masing situs karena perbedaan platform tersebut.

Masing-masing sosial media memiliki ciri khas sendiri. Apa yang mungkin diterima pada sosial media seperti Tumblr, mungkin akan dianggap spam di Facebook. Twitter memiliki gaya penulisan tertentu dan mungkin akan gagal apabila diaplikasikan di FriendFeed.

Anda perlu memahami perbedaan penulisan ini pada masing-masing situs, dan kemudian memastikan bahwa pesan Anda tersampaikan kepada komunitas Anda.

Selanjutnya, lebih bagus Anda menyiapkan dua pesan yang berbeda bagi konsumen Anda yang telah menjadi bagian dari komunitas bisnis Anda baik itu di Twitter ataupun Facebook.

Langkah keempat : Manfaatkan Jaringan Sosial di Daerah Anda

Bagi sebuah perusahaan kecil, berada pada sebuah pencarian lokal merupakan sebuah kemenangan besar. Pastikan situs Anda berada dimasukkan kedalam direktori di daerah Anda, hal ini untuk membantu konsumen potensial menemukan bisnis Anda ketika mereka membutuhkannya.

Yang perlu dipastikan terlebih dahulu, Anda mengetahui siapa pesaing Anda. Dan dimana mereka terdaftar? Memeriksa link dari pesaing Anda adalah untuk melihat direktori mereka. Dan pastikan bahwa bisnis Anda telah dimasukkan ke dalam Google Maps, dengan menggunakan bantuan pusat bisnis lokal di Google.

Kalau perlu Anda dapat memasukkan semua informasi mengenai informasi perusahaan Anda, dan perbarui berita-berita lama tentang perusahaan Anda. Bagi banyak konsumen, ini akan menjadi interaksi pertama mereka dengam bisnis Anda.

Langkah kelima : Kontes dan Diskon

Membangun komunitas merupakan sebuah langkah pertama dalam memanfaatkan sosial media. Menggunakan komunitas untuk mengarahkan penjualan, menyebarkan pemasaran, dan memperkenalkan operasi perusahaan adalah salah satu kekuatan dari sosial media.

Salah satu cara untuk terus merangsang komunitas Anda untuk tetap menggunakan produk Anda adalah dengan mengadakan diskon atau kontes. Terkadang kontes dapat menciptakan kompetisi diantara pengguna. Misalnya mengadakan kontes bagi penulisan komen terbaik di website Anda.

Diskon juga merupakan cara yang bagus untuk berhubungan dengan komunitas Anda. Dengan memberikan diskon eksklusif, berarti Anda memperhatikan komunitas Anda agar mereka tetap bertahan menggunakan produk Anda.

Sumber :

http://akmandamedia.com/5-tips-memanfaatkan-jaringan-sosial-media.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: